Senin, 15 Juli 2013

Profil Kelurahan Tanjung Harapan

Sekilas Kelurahan Tanjung Harapan




Kelurahan Tanjung Harapan Kecamatan Gaung Anak Serka Kabupaten Indragiri Hilir adalah Kelurahan yang paling Asri diantara Kelurahan/Desa Se – Kecamatan Gaung Anak Serka adapun kepadatan penduduk : 1.121 Jiwa dan 278  Kepala Keluarga dan beraneka ragam suku dan budaya yang berkumpul dalam satu wadah masyarakat yang harmonis dan cinta damai yang dipimpin oleh HADLI. 
Lurah Tanjung Harapan dalam mengemban tugasnya dibantu dengan 10 Orang Staff yaitu Fauzi, Pawellangi, Parmi, Sri Agustanti, Arie Yudistira, Rudi Hartono, Hidayat, Herman, Remo, Hadi.


dan memiliki Organisasi seperti LPM ( Lembaga Pemberdayaan Masyarakat, TIM Penggerak PKK ( Pembinaan Kesejahteraan Keluarga ) serta Organisasi yang menjembatani antara masyarakat dan Pemerintah melalui wadah perangkat RT dan RW yang terdiri dari jumlah RT : 10 dan jumlah RW : 2.

Penyelenggaraan sistem pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia menurut Undang-undang Dasar 1945 memberi keleluasan kepada Daerah untuk menyelenggarakan Otonomi Daerah. Sehubungan dengan hal tersebut Undang-undang Nomor 22 Tahun 1999 menyatakan bahwa Otonomi Daerah adalah kewenangan daerah untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat menurut prakarsa sendiri berdasarkan aspirasi masyarakat sesuai dengan undang-undang. Sehingga bidang pemerintahan yang wajib dilaksanakan oleh Daerah Kabupaten / Kota meliputi antara lain : Pekerjaan Umum, kesehatan, pendidikan dan kebudayaan, pertanian, perhubungan, industri dan perdagangan, penanaman modal , lingkungan hidup, pertanahan, koperasi dan tenaga kerja.
Dengan semangat pengabdian kepada masyarakat dan Perda Nomor 5 tahun 2011 tentang pemekaran, perubahan dan pembentukan Kecamatan atau Kelurahan di Kabupaten Indragiri Hilir, maka terbentuklah Kelurahan Tanjung Harapan Kecamatan Gaung Anak Serka Kabupaten Indragiri Hilir yang merupakan pemekaran dari Kelurahan TelukPinang Kecamatan Gaung Anak Serka Kabupaten Indragiri Hilir.

Sebagaimana dimaklumi unit pemerintahan terendah setelah camat adalah Kelurahan yang merupakan perangkat daerah Kabupeten dan Kota wajib melaksanakan tugas-tugas pemerintahan yang tersebut diatas.

Untuk mengetahui seberapa jauh keberhasilan pelaksanaan penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan, perlu adanya laporan yang dibuat selama satu tahun oleh perangkat-perangkat pemerintahan, untuk dapat digunakan seberapa jauh pelayanan serta aspirasi masyarakat telah terealisasi. Sehubungan dengan hal tersebut diatas maka dengan ini kami akan memberikan kegiatan pemerintahan yang ada di Kelurahan Tanjung Harapan yakni:

1. Keadaan Umum Geografis Wilayah
Kelurahan Tanjung Harapan merupakan salah satu dari 12 Kelurahan/Desa yang ada di Kecamatan Gaung Anak Serka, dengan kondisi geografis dataran rendah, ditandai dengan seringnya banjir musiman yang melanda di sebagian pemukiman penduduk

2. Mobilitas penduduk.
Kelurahan Tanjung Harapan mobilitas penduduk tergolong yang tinggi, hal ini ditandai dengan semakin semakin bertambahnya para pengembang membangun pemukiman dan pertokoan.

3. Batas Wilayah.
Kelurahan Tanjung Harapan dengan batas wilayahnya sebagai berikut :
- Sebelah Utara berbatasan dengan Desa Lahang Baru Kecamatan Gaung.
- Sebelah Selatan berbatasan dengan Kelurahan Teluk Pinang Kecamatan Gaung Anak Serka.
- Sebelah Timur berbatasan dengan Desa Kuala Gaung Kecamatan Gaung Anak Serka.
- Sebelah Barat berbatasan dengan Desa Teluk pantaian Kecamatan Gaung Anak Serka.

4. Orbitasi Wilayah
Kelurahan Tanjung Harapan merupakan, salah satu Kelurahan yang letak wilayahnya berdekatan dengan ibukota kecamatan setelah Kelurahan Teluk Pinang, jarak orbitasinya
sebagai berikut :

- Jarak ke ibukota Kecamatan : 100 m
-Jarak ke ibukota Kabuapaten/Kota : 40 Km

5. Keadaan Penduduk dan Luas Wilayah.
Penduduk di Kelurahan Tanjung Harapan termasuk mempunyai penduduk yang heterogen, dengan masyarakatnya antara lain Suku Banjar, Suku Melayu, Suku Bugis, Suku Jawa, Suku Minang. Dengan luas wilayah + 30,70 Km2.

6. Jumlah dan Kepadatan Penduduk
Berdasarkan hasil sensus dan pendataan penduduk bulan Mei tahun 2013 penduduk di Kelurahan Tanjung Harapan ber berjumlah :
1.121 Jiwa dengan 278 Kepala Keluarga,

7. Agama
Kelurahan Tanjung Harapan dengan pemeluk agama Islam

8. Kondisi Sosial Politik dan Kamtibmas
Selama tahun 2013 kondisi sospol dan kamtibmas berjalan dengan baik, hal ini ditandai dengan tidak adanya gejolak di dalam masyarakat. Namun kejadian kriminilitas tetap ada, hanya relatif sedikit sekali sehingga tidak mengganggu kamtibmas secara umum.



9. Penyelenggaraan Pemilu
Pelaksaanaan Pemilu Pilkada dilaksanakan pada Tanggal 04 September 2013 dan Pemilu Legislatif Dilaksanakan pada tanggal 09 April 2014, untuk menghadapi Pemilu tahun ini, di kelurahan dibentuk PPS (Panitia Pemungutan Suara), adapun Anggota PPS kelurahan Tanjung Harapan sebagai berikut: B. Yamin Habas, S.Pd.SD (Ketua), Ahmadi (Anggota), Subrantas Siswanto (Anggota). Mereka sebagai fasilitator guna mensukseskan kegiatan Pesta Demokrasi 2013, hal ini dimulai dengan Kegiatan  Pendaftaran Pemilih dan Pembentukan PPS  dan Pantarlih/PPDP pada Kelurahan dan TPS, serta KPPS. Dan kegiatan sosialisasi Pemilu Pilkada 2013 dan Pemilu Legislatif 2014 bekerja sama dengan PPK Gaung Anak Serka dan KPU Kabupaten Indragiri Hilir, PPS Kelurahan serta perangkat RT /RW & Tokoh Masyarakat Tanjung Harapan agar dimengerti oleh masyarakat.
Denah Lokasi TPS

10. PEMBANGUNAN 
Bidang Pekerjaan Umum Selama tahun 2012 kegiatan pembangunan di wilayah Kelurahan Tanjung Harapan meliputi Pembangunan Badan Jalan, dan Perbaikan Jembatan.untuk tahun 2013 kegiatan pembangunan sedang dalam pembahasan melalui Musyawarah Rencana Pembangunan ( MUSRENBANG ) Tingkat Kelurahan seperti yang baru - baru ini dilaksanakan di Tingkat Kelurahan Tanjung Harapan.
Perbaikan Jembatan Parit 52

Pembersihan Badan Jalan

Kesehatan 
Dalam rangka menunjang kesehatan kepada masyarakat di kelurahan Tanjung Harapan terdapat satu buah Puskesmas Pembantu serta dikukung oleh 1 buah Pos Yandu, Kelurahan Tanjung Harapan juga bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir memberi penyuluhan kepada warga dalam mengatasi pencegahan penyakit demam berdarah,yang didukung sepenuhnya oleh Camat Gaung Anak Serka.

Pendidikan dan kebudayaan.
Guna menunjang visi dan misi Kabupaten Indragiri Hilir pendidikan dan kebudayaan terus dikembangkan dan perlu mendapat perhatian dari pemerintah. Bidang Pendidikan dan Kebudayaan di Kelurahan Tanjung Harapan dapat kami sampaikan sebagai berikut :

  • 1 Buah Sekolah Dasar
  • 1 Buah Madrasah Ibtidaiyah
  • 1 Buah Paud

Pertanian
Kelurahan Tanjung Harapan Merupakan Penghasil Kopra dan Padi
Sektor pertanian ini memiliki peranan penting di dalam pembangunan sosial dan ekonomi masyarakat Tanjung Harapan. Kegiatan pertanian dilakukan secara tradisional.
Kelurahan Tanjung Harapan Merupakan Penghasil Kopra dan Padi
Lahan Ladang



Perhubungan
Sarana dan Prasarana perhubungan khususnya di Kelurahan Tanjung Harapan berupa perhubungan darat, dan sungai, sebagai urat nadi perhubungan yang sangat penting bagi mengangkut Untuk memberikan kenyamanan kepada pengguna angkutan darat dan sungai disini terdapat satu buah Terminal dan satu buah Pelabuhan.


Industri dan Perdagangan
Wilayah Kelurahan Tanjung Harapan Kecamatan Gaung Anak Serka adalah merupakan daerah Penghasil Kopra, Pinang dan Pengrajin anyaman bambu dan anyaman pandan berupa nyiru, bakul, tikar, dll, disamping itu di Kelurahan Tanjung Harapan terdapat Home Industri Makanan ringan yang lebih dikenal dengan sebutan “Stick Royco” serta makanan ringan lainnya.
tikar
nyiru
Kelapa Lokal



Ketenagakerjaan
Pesatnya pertumbuhan penduduk Tanjung Harapan, generasi muda yang ada bekerja di bidang jasa seperti Buruh Tani, Buruh Gudang dan jasa transportasi (penambang, ojek) hal ini ditandai dengan semakin banyaknya lahan pertanian, Gudang Kopra dan menjamurnya Penambang Sampan.

Penambang Sampan



















1 komentar: